Minggu, 26 Agustus 2012

BAB 9 MASA KESUSAHAN BESAR, 21 MURKA ALLAH

A. Nama-nama untuk Masa Kesusahan yang Besar

1. Hari Tuhan
" Wahai hari itu ! Sungguh Hari Tuhan sudah dekat, datangnya sebagai pemusnahan dari yang Mahakuasa ." ( Yoel 1:15 ).

" Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini, berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu dan supaya kamu tahan berdiri dihadapan Anak Manusia. " ( Luk 21:35-36 ).

2. Waktu Kesusahan bagi Yakub

" Hai, alangkah hebatnya hari itu, tidak ada taranya, itulah waktu kesusahan bagi Yakub tetapi ia akan diselamatkan daripadanya. " ( Yer 30:7 ).

3. Waktu Kesesakan yang Besar

" Pada waktu itu juga akan muncul Mikhael, pemimpin besar yang akan mendampingi anak-anak bangsamu dan akan ada suatu waktu kesesakan yang besar, seperti yang belum pernah terjadi sejak ada bangsa-bangsa sampai pada waktu itu, tetapi pada waktu itu bangsamu akan terluput yakni barangsiapa yang didapati namanya tertulis dalam Kitab itu. " ( Dan 12:1 ).

4. Tujuh Tahun Terakhir dari 70 x 7 Tahun

" Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu kali tujuh masa. Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korbn santapan dan diatas sayap kekejian akan datang yang membinasakan sampai pemusnahan yang telah ditetapkan menimpa yang membinasakan itu. " ( Dan 9:27 ).

Yang dimaksud 1 x 7 masa adalah sama dengan 7 tahun terakhir, yaitu 7 tahun sebelum kedatangan Tuhan Yesus Kedua kali menginjakkan kaki di Bukit Zaitun ( Zak 14:4 ) dan terbagi menjadi 2 bagian 3,5 tahun pertama dan 3,5 tahun kedua.

5. Hari Besar Murka atau Saat Penghakiman

" Sebab itu tiba hari besar murka mereka dan siapakah yang dapat bertahan ? ... dan ia berseru dengan suara nyaring : " Takutlah akan Allah dan muliakanlah Dia yang telah menjadikan langit dan bumi dan laut dan semua mata air. " ( Wahyu 6:17, Wahyu 14:7 ).

6. Masa Siksaan

" Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi ..." Segera sesudah siksaan pada masa itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya dan bintang-bintang akan berjatuhan dan langit dan kuasa-kuasa langit akan bergoncang. " ( Mat 24:21-29 ).

7. Akhir Zaman

" Maka seperti lalang itu dikumpulkan dan dibakar dalam api, demikian juga pada akhir zaman, ... Firman itu akan tinggal tersembunyi dan terneterai sampai akhir zaman. " ( Mat 13:40, Dan 12:4-9 ).

B. Dua Puluh Satu Murka Allah

Allah mencurahkan murkanya karena moralitas manusia sudah sangat buruk, jauh lebih najis dari pada masa Sodom dan Gomora maupun zaman Nuh. Manusia tidak mau bertobat bahkan terus menentang Allah. Hal inilah yang menjadi alasan murka Allah ditimpakan seperti tertulis, " ... hal kedatangan Tuhan Yesus seperti zaman Lot dan Nuh, mereka makan dan minum ( berfoya-foya ), kawin mengawinkan ( percabulan dan perzinahan ), Tuhan menghancurkan Sodom dan Gomora dengan api belerang. Tuhan menghancurkan bumi dengan air bah ( Luk 17:26-32 ) dan akhirnya Tuhan akan menghancurkan bumi dan isinya dengan kedua puluh satu hukumannya.

Secara sistematis, keduapuluh satu Murka Allah adalah :

1. 7 Meterai ( Wahyu 6 ) :

Meterai 1 : Antikristus muncul pada masa Damai
Meterai 2 : Perang Dunia III
Meterai 3 : Kelaparan
Meterai 4 : Kematian 1/4 manusia di bumi
Meterai 5 : Martir, jiwa-jiwa dibunuh karena kesaksian Tuhan Yesus
Meterai 6 : Gempa Bumi, Langit dan Bumi bergeser
Meterai 7 : Sangkakala Penghakiman ( Wahyu 8 )

2. 7 Sangkakala ( Wahyu 8,9 ) :

Sangkakala 1 : 1/3 bumi terbakar
Sangkakala 2 : 1/3 laut menjadi darah
Sangkakala 3 : 1/3 sungai menjadi pahit
Sangkakala 4 : 1/3 matahari, bulan, bintang menjadi
gelap
Sangkakala 5 : Belalang menyengat seperti kalajengking, 5 bulan ( Wahyu 9 )
Sangkakala 6 : 200 juta tentara membunuh 1/3 manusia
( Wahyu 9 ).
Sangkakala 7 : Bait Allah di Surga disertai Cawan
Penghakiman.

Bait Allah di Surga terbuka ( Wahyu 11:15 ).

3. 7 Cawan Murka Allah ( Wahyu 16 ) :

Cawan 1 : Timbul bisul pada penyembah binatang atau antikristus
Cawan 2 : Laut menjadi darah
Cawan 3 : Sungai, mata air menjadi darah
Cawan 4 : Manusia dihanguskan oleh api dari matahari
Cawan 5 : Kegelapan pada kerajaan binatang atau
antikristus
Cawan 6 : Sungai Efrat menjadi kering, persiapan jalan bagi raja-raja dari Timur
Cawan 7 : Gempa bumi dahsyat, kotaterbelah, hujan es 50 kg.

Perang Harmageddon, Wahyu 16, 19:17-21.

a. 7 Meterai ( Wahyu 5:6 ) :

7 meterai ini akan terjadi pada bagian pertama ( 3,5 tahun pertama ) dalam masa Kesusahan yang Besar.

Meterai 1 ( Wahyu 6:1-2 ) :

- Seorang yang menunggangi kuda putih
- Di tangannya memegang busur bukan panah

Penunggang kuda ini merupakan penampilan antikristus sampai meningkat pada personal seorang antikristus. Dia akan menjanjikan perdamaian dan dia mampu menipu banyak orang.

Penunggang kuda ini identitasnya tidak jelas dan sangat berbeda dengan penunggan kuda putih dalam Wahyu 19:11 ).

Busur pedang ada ditangannya ( Maz 11:2 ) tetapi tanpa panah ( jadi menakuti orang dengan senjata tetapi tidak menyerang ... perdamaian semu ) dan memakai mahkota penakluk berbeda dengan mahkota kerajaan yang dipakai oleh Kristus dalam Wahyu 19:11.

Jadi penunggang kuda ini bukan Tuhan Yesus tetapi antikristus.

Meterai 1 sudah dibuka yaitu tahun 606 yaitu pada saat roh Babel ( wanita Izebel, transformasi Ratu Semiramis, pendiri agama Babel ) masuk ke gereja ( Wahyu 2:20 ) yaitu saat roh antikristus menguasai gereja. Kuda putih akan berpacu terus sampai memuncak pada saat munculnya seorang antikristus pada saat dunia sedang damai dan aman ( 1 Tes 5:3 ) dan setelah pengangkatan gereja ( 1 Tes 4:16-17 ).

Meterai 2 ( Wahyu 6:3-4 ) :

- Seorang yang menunggangi kuda merah padam
- Akan mengambil damai sejahtera dari bumi
- Bangsa-bangsa akan berperang untuk mendapat kuasa atas dunia

Kuda merah mengambarkan peperangan sebagai akibat kutuk dosa ( Dan 9:26, sampai pada akhir zaman akan ada peperangan dan pemusnahan seperti yang telah ditetapkan ) tetapi dapat juga menggambarkan kekuatan komunisme.

Meterai 2 sudah dibuka tahun 1096 yaitu pada Perang Salib ( gereja yang kehilangan kasih ) melawan umat Muslim selama 174 tahun ! dan terus meningkat pada Perang Dunia I dan II dimana pada tahun 1917 Komunis muncul. Kuda merah akan terus berpacu sampai memuncak pada Perang Dunia III yaitu saat Rusia ( Yeh 38-39 ) salah satu kekuatan komunisme menyerang Israel yang telah mengadakan Pakta Perjanjian 7 tahun bersama Eropa ( Dan 7:27 ).

Perang ini menimbulkan goncangan besar setelah selama beberapa saat dunia aman dan damai ( 1 Tes 5:3 ).

Meterai 3 ( Wahyu 6:5-6 ) :

- Seorang menunggangi kuda hitam
- Kekurangan bermacam-macam makanan
- dan kelaparan

Kuda Hitam adalah gambaran kelaparan dan mulai muncul tahun 1912 ( zaman Malaise ) dan sejak itu semua negara mengalami inflasi dalam mata uangnya. " Secupak gandum sedinar, Wahyu 6:6 " adalah upah gaji bangsa Yahudi kerja satu hari. " ... tiga cupak jelai sedinar " adalah gambaran uang banyak tetapi makanan langka. Pada masa itu uang akan mengalami inflasi yang tidak terkendali lagi ( uang banyak tetapi bahan makanan langka ). Dan akan mencapai puncaknya dengan penyatuan mata uang seluruh dunia ( Economic Global ) dengan sistem keuangan 666 ( Wahyu 13:16-18, tanpa uang, tanpa kartu kredit orang membeli tanda ( Barcode ) 666 dapat berjual beli )

Meterai 4 ( Wahyu 6:7-8 ) :

- Seorang penunggan kuda hijau kuning
- Seperempat jumlah umat manusia meninggal karena perang, kelaparan, sampar atau binatang buas.

Kuda hijau kuning adalah gambaran kematian ( kerajaan maut mengikutinya, Wahyu 6:8 ) dan sudah lepas pada tahun 1914 pada saat Perang Dunia I meletus ( akibat pembunuhan dengan pedang ).

Kematian ini juga disebabkan :

1. Kelaparan pada saat kuda hitam meningkat pengaruhnya.
2. Sampar ( penyakit menular, termasuk akibat pencemaran alam oleh limbah industri dan pemaparan radiasi nuklir yang diletuskan pada saat Perang Dunia III ).
3. Binatang Buas ( baik binatang besar yang panik dan kelaparan akibat perubahan ekosistem maupun virus mikroorganisme yang mematikan seperti virus kanker dan AIDS ! ).

Meterai 5 ( Wahyu 6:9-11 ) :

- Jiwa-jiwa mereka yang telah dibunuh karena Firman Allah dan karena kesaksiannya ( martir ).
- Ada penganiayaan terhadap orang kudus ( Israel dan orang Kristen yang tertinggal ) oleh antikristus. Mereka meninggal karena penganiayaan bukan karena murka Allah.

Mereka yang menjadi martir diberi sehelai jubah putih dan memerintah sebagai raja ( Wahyu 20:4 ) tetapi mereka yang terlebih dahulu diangkat ( pada awal 7 masa kesusahan ) tidak hanya menjadi raja tetapi juga imam Allah ( Wahyu 20:6 ).

Meterai 6 ( Wahyu 6:12-17 ) :

- Gempa bumu yang dahsyat
- Matahari akan menjadi hitam
- Bulan akan menjadi merah
- Bintang-bintang berjatuhan dan menyusutlah langit

Meterai 7 ( Wahyu 8:1-2 ) :

- Penampilan 7 malaikat dengan 7 sangkakala.
- Meledak bunyi guruh disertai halilintar dan gempa bumi.

Akan terjadi keadaan sunyi senyap selama setengah jam di Surga. Pada saat itu mereka yang terangkat akan merasa sedih dan mencekam melihat saudara-saudaranya tertinggal karena belum bertobat dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi dan siap mengalami hukuman Allah yang lebih dahsyat.

Oleh sebab itu sebelum terjadi peristiwa tersebut, baiklah pembaca yang belum bertobat dan menerima Yesus segera alami kelahiran baru dan lakukan seluruh perintah Allah. Dan bagi mereka yang telah yakin akan keselamatan dan pengangkatan segera beritakan injil keselamatan kepada seluruh makhluk ( Markus 16:15 ).

b. 7 Sangkakala ( Wahyu 8-9, 11:15-19 )

Sangkakala 1 ( Wahyu 8:7 ) :

- Hujan es dan api bercampur darah
- Terbakar 1/3 dari bumi dan 1/3 pohon-pohon dan hanguslah seluruh rumput-rumputan hijau.

Sangkakala 2 ( Wahyu 8:8-9 ) :

- Gunung besar yang menyala-nyala akan jatuh ke dalam laut
- 1/3 segala makhluk dalam laut akan mati dan 1/3 dari semua kapal akan binasa.

Sangkakala 3 ( Wahyu 8:10-11 ) :

- Jatuhnya bintang besar nyalanya seprti obor.
- Semua air menjadi apsintus ( radiasi nuklir )
- Banyak orang mati karena minum air apsintus itu (air yang tercemar radiasi)

Sangkakala 4 ( Wahyu 8:12, Amos 8:9 ) :

- 1/3 dari matahari, bulan dan bintang-bintang menjadi gelap akibatnya1/3 dari siang hari tidak terang.

Sangkakala 5 ( Wahyu 9:1-12 ) :

- Bintang jatuh dari langit ke atas bumi dan kepadanya diberi kunci lubang maut ( Lucifer kalah perang dengan Mikhael dibuang ke bumi ).
- Belalang-belalang keluar dari jurang maut diberi kuasa seperti kalajengking (sejenis seranga atau roh-roh jahat ).
- Ada malaikat yang memimpin belalang-belalang ini namanya Abadon atau Apolion ( ayat 11 ).
- Belalang -belalang ini akan menyiksa orang-orang selama lima bulan.

Pada masa itu orang mencari maut ( ingin mati ) tetapi maut lari dari mereka ( tidak bisa mati, walaupun sangat menderita ! ).

Sangkakala 6 ( Wahyu 9:13-21 ) :

- 4 malaikat yang terikat dekat sungai Efrat akan lepas.

200 juta tentara akan membunuh 1/3 jumlah manusia ( ingat bahwa 1/4 jumlah manusia sudah meninggal karena meterai keempat yaitu hanya tinggal 1/2 jumlah manusia dari jumlah manusia di dunia sebelum kesusahan yang besar dimulai ). Manusia masih keras hati dan tidak mau bertobat.

Sangkakala 7 ( Wahyu 11:15-19 ) :

- Pengumuman di Surga bahwa pemerintaha di atas dunia telah dipegang Allah.
- Rahasia dan janji-janji Tuhan sudah digenapi ( Wahyu 10:7, Efesus 3:4-6 ).
- Allah mengambil kembali kuasa atas bumi dari iblis.

c. 7 Cawan Murka Allah ( Wahyu 16 ) :

Hukuman 7 cawan ini merupakan puncak murka Allah terhadap manusia.

Cawan 1 ( Wahyu 16:2 ) :
- Akan timbul bisul pada semua yang memkai tanda binatang ( tanda 666 ) dan menyembah patungnya.

Cawan 2 ( Wahyu 16:3 ) :
- Air akan menjadi seperti darah dan segala makhluk di laut akan mati.

Cawan 3 ( Wahyu 16:4-7 ) :
- Sungai-sungai dan mata-mata air menjadi seperti darah.

Cawan 4 ( Wahyu 16:8-9 ) :
- Matahari akan menghanguskan manusia dengan api.

Cawan 5 ( Wahyu 16:10-11 ) :
- Kerajaan antikristus akan menjadi gelap.
Cawan 6 ( Wahyu 16:12-14 ) :
- Sungai Efrat akan menjadi kering.
- Raja-raja dari Timur dan seluruh dunia sedang dikumpulkan oleh 3 roh najis untuk peperangan terakhir ( perang Harmageddon, Wahyu 16:16 ).

Cawan 7 ( Wahyu 16:17-21 ) :
- Gempa bumi yang dahsyat.
- Hujan es yang besar 100 pon ( 50 kg ).
- Kota Babel dibinasakan oleh Allah.

d. Kebinasaan Kota Babel ( Wahyu 18 ) :

Kota Babel yang lama telah dikalahkan oleh Kerajaan Media Persia pada tanggal 13 Oktober 531 sM. Rupanya Kota Babel akan dibangun kembali pada akhir zaman dan akan menjadi kota mewa ( Wahyu 18:11-17 ) dan pusat untuk hal-hal yang jahat ( Wahyu 18:2,7, 12-13; 23-24 ).

Kota ini dibinasakan oleh Allah dalam satu jam saja ( Wahyu 18:8-10, 15, 17, 19-20 ).

e. Peperangan Harmageddon ( Wahyu 16:16 ) :

1. Tempat untuk peperangan :

- Dari Megido ( Utara, Zak 12:11 ) sampai ke Edom ( Selatan, Yes 34:5-6, 63:1 ) dari Laut Tengah ( Barat ) sampai ke bukit-bukit Moab ( Timur ) 320 x 160 km.

- Kota Yerusalem ada di tengah-tengah daerah ini ( Zak 14:1-2 ).

2. Urutan waktu peperangan :

- Sungai Efrat akan menjadi kering
( Wahyu 16:12 ).

- Pasukan dikumpulkan di Harmageddon
( Wahyu 16:14,16 ).
- Yerusalem dihancurkan ( Zak 14:2 ).

- Kedatangan Tuhan Yesus dan pasukanNya dari Surga ( Wahyu 19:11-18 ).

- Yesus akan meninjakkan kakiNya di Bukit Zaitun dan bukit itu akan terbelah dua dari Timur ke Barat ( Zak 14:1-7 ).

- Bangsa-bangsa akan mencoba melawan Tuhan Yesus dan pasukanNya ( Maz 2:1-3 ; Wahyu 19:19 ).

- Tuhan Yesus akan mengalahkan antikristus, nabi palsu serta pasukan bangsa-bangsa lain yang ada di Harmageddon (Wahyu 19:20-21).

- Pasukan-pasukan bangsa-bangsa dibunuh tetapi antikristus dan nabi palsu dilemparkan langsung ke dalam lautan api ( Wahyu 19: 20-21 ).

1 komentar:

  1. Free Spins Casino Site - Lucky Club
    No deposit bonus codes, free spins, cashback offers & offers from Lucky Club online casino are provided. Enjoy your favourite online casino games with  Rating: luckyclub 4.3 · ‎123 votes

    BalasHapus